Jumat, 03 Desember 2010

PERAWATAN BAYI YANG BARU LAHIR

Perawatan bayi yang baru lahir dari kepala hingga kaki.
Simak tips dokter untuk menjaga bayi Anda tetap bersih dan nyaman.

BOKONG.
Terlalu banyak kelembaban kulit menjadi sensitive ditambah ruam karena popok. Tips perawatan: Ganti popok secara berkala tanpa mengenakan apapun selama beberapa waktu. Bilas bokong bayi Anda dengan air setiap mengganti dan lap kering. Hindari penggunaan tisu pada beberapa minggu pertama karena memicu iritasi kulit lembut. Berikan krim Barrier, seperti jelly petroleum atau seng oksida putih dapat membantu.

KEPALA.
Kondisi bersisik disebut dudukan tutup biasanya menghilang dalam beberapa bulan pertama. Tips perawatan: Cuci rambut bayi Anda dengan sampo bayi yang lembut tidak lebih dari tiga kali seminggu dan sikat lembut dengan menggunakan sikat yang lembut. Jangan khawatir tentang kulit kepala tipis yang berdenyut, itu normal.

WAJAH.
Jerawat biasa muncul pada bayi tetapi kondisi dapat berbahaya (meskipun kadang-kadang membingungkan). Tips perawatan: Cuci wajah bayi Anda setiap hari dengan sabun yang lembut.

MATA.
Beberapa bayi memiliki pengerasan kulit kekuningan di mata atau di kelopak, biasanya disebabkan oleh pembuluh air mata tertutup. Ini dapat berlangsung beberapa bulan. Tips perawatan: Basuh area tersebut menggunakan bola kapas yang dibasahi air hangat.

KAKI.
Menekuk dan terbalik bukan sesuatu yang mengherankan, mengingat kuartal sebelumnya mereka hidup dalam ruang sempit. Tips perawatan: Jangan khawatir tentang kondisi tersebut, kaki bayi Anda akan lurus dan kuat dengan sendirinya sejak 6-18 bulan.

TALI PUSAR.
Jaga tunggul tali pusat hingga bersih dan kering; dengan sendirinya akan jatuh dalam beberapa minggu. Tips perawatan: Hindari area tersebut saat memakai popok dan gunakan spons mandi hingga tunggulnya lepas.

PENIS.
Ujung penis akan membengkak dan akn muncul keropeng kuning. Tips perawatan: Bersihkan dengan lembut daerah genital menggunakan air hangat setiap harinya. Jeli petroleum digunakan untuk melindungi situs dan mencegah penis dari melekat ke popok.

KULIT.
Beberapa bayi menjadi merah, merasa gatal disebut eczema atau dermatitis atopik. Tips perawatan: Batasi waktu mandi hanya 10 menit, sabun bebas wewangian, dan gunakan air hangat; setelah itu berikan krim hypoallergi kulit. Gunajan tongkat kapas untuk pakaian.

HIDUNG.
Lubang hidung bayi sempit dengan cepat mengisi lendir. Tips perawatan: Berikan lubang pada hidung dengan ukuran bola jarum suntik hidung bayi atau meminimalkan trauma NoseFrida. Untuk melongarkan lendir, masukkan larutan garam dengan sedotan sebelum penyedotan.

KUKU.
Jari bayi yang baru lahir sangat lembut, tetapi juga mudah tegores karena sensitive. Tips perawatan: Gunting kuku bayi dengan gunting berujung tumpul, potong setelah mandi ketika kuku lembut, atau ketika ia tidur dan jari-jarinya dalam kondisi santai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar