Jumat, 17 Desember 2010

AGAR BAYI ANDA DOYAN MAKAN

Agar bayi Anda doyan makan.

Sebagai orangtua perlu mengetahui cara memberi makan pada Batita. Berikut ini tips yang dapat disimak:
1. Berikan makanan 5-6 kali sehari. Pada usia bawah tiga tahun ini, pencernaan anak belum mampu bekerja seperti pada orang dewasa.

2. Sebaiknya berikan porsi kecil. Pada usia batita dikenal masih mempunyai nafsu makan yang naik turun. Suatu hari ia doyan makan, namun hari lain, kadang hanya makan sedikit. Namun begitu jangan khawatir, anak Anda masih bisa tumbuh dengan sehat.
3. Berikan susu atau jus tidak berlebihan. Baik susu maupun jus, merupakan minuman yang bisa mempengaruhi nafsu makan batita Anda. Agar batita tumbuh dengan baik, berikan ia sesuai kebutuhan 2-3 cangkir susu (atau 2-3 porsi susu dan produk susu olahan) per hari.
4. Tumbuhkan ketrampilan makan. Saat batita mulai mengetahui cara makan sendiri, mereka biasanya menjadi terlalu bersemangat ingin makan tanpa bantuan. Anda bisa memastikan bahwa batita Anda mendapatkan makanan yang cukup dengan menyediakan makanan yang lunak dan mudah dikunyah, yang dipotong kecil seukuran satu suap anak, serta memasak makanan yang lengket di sendok, seperti havermut atau kentang yang dihaluskan, untuk melatih kemampuan batita menggunakan sendok.
5. Gunakan training up yang tepat. Sebagian besar batita dapat beralih dari botol ke cangkir di usia 14 bulan, walaupun masih membutuhkan bantuan. Biarkan batita berlatih dengan sedikit air dalam training cupnya, lama-kelamaan batita Anda akan mahir menggunakan cangkir tanpa bantuan. Pastikan training cup si kecil mengandung Sip-Activated Valve yang mengalir sesuai hisapan batita Anda, sehingga kondisi cairan di dalam akan terjaga dengan sempurna. Perhatikan juga material untuk training cupnya, agar memakai bahan yang aman dan tidak beracun.
6. Kurangi makanan atau minuman lemak secara bertahap. Batita memang membutuhkan kalori lebih sedikit dari masa bayinya. Tetapi jangan batasi kadar lemak dalam makanannya sampai ia berusia 2 tahun.
7. Berikan makanan kaya zat besi. Kekurangan zat besi atau anemia seringkali ditemukan pada anak batita. Untuk mencegahnya, berikan batita Anda makanan kaya zat besi seperti daging, unggas, ikan, dan sereal yang diperkaya zat besi. Pastikan salah satu makanan ini ada dalam menu makanannya.
8. Jadikan waktu makan sebagai saat yang menyenangkan. Buat hal suasana ceria, Anda perlu kreatif dan jangan paksa anak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar