Minggu, 28 November 2010

MEMILIH BRA YANG TEPAT SAAT HAMIL

Ingin tetap bugar dan energik selama hamil dan saat usai melahirkan? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti.
1. Jangan abaikan makan, meski hanya sedikit. Cobalah isi perut dengan sedikit makanan setiap 3-4 jam sekali agar gula darah dan energi Anda tetap “on”. Paduan sedikit karbohidrat dengan protein bagus untuk kesehatan Anda, seperti segelas yogurt dengan potongan pisang. Hindari cemilan bersalut gula. Meskipun cepat meningkatkan energi tapi juga mudah menurunkan stamina dan membuat Anda lemas.
2. Cukupi kebutuhan cairan: setiap anggota tubuh harus memperoleh cairan yang cukup agar bisa bekerja dengan baik. Untuk menghindari dehidrasi, pastikan sedikitnya delapan gelas air mineral, jus atau susu rendah lemak per hari. Apalagi jika Anda sedang menyusui, asupan susu harus lebih banyak. Dengan kecukupan air, tubuh Anda akan tetap energik, tidak mudah lelah. Apalagi jika Anda bekerja dan banyak berkeringat, asupan minuman harus lebih banyak dikonsumsi.
3. Cukupi asupan zat besi kalau tak ingin Anda jadi loyo. Suplemen multivitamin saat hamil dan dilanjutkan semasa masih menyusui bayi Anda. Konsumsi daging merah dan sayur daun-daunan berwarna hijau tua.
4. Cukup istirahat. Cobalah mencuri waktu istirahat saat bayi Anda tertidur, selama 30 menit di siang hari. Penelitian di Swedia mendapati 20-30 menit rehat siang hari bagi mereka yang waktu tidurnya hanya bisa mencapai 4 jam dimalam hari sudah cukup membuatnya bugar. Sedangkan jika waktu tidur siang terlalu lama, malah akan merusak jam biologis tubuh Anda.
5. Berjemurlah: untuk memperoleh vitamin D di negeri tropis sangat mudah, cukup luangkan waktu berjalan-jalan sebelum pukul 9 pagi dan rasakan kehangatan sinar matahari pagi. Anda bisa berjalan santai, menyiangi tanaman, atau berjemur bersama-sama si kecil.

6. Lakukan aerobik, senam, relaksasi, atau olahraga apapun yang tak terlalu menguras tenaga namun tetap menjaga kelenturan tubuh Anda. Dengan teratur menggerakkan tubuh, akan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan volume darah. Alhasil akan memudahkan hormon bekerja yang meningkatkan kerja otak dan energi secara instan. Tak usah terlalu lama, cukup 10-15 menit setiap hari sudah mampu membuat mood Anda tetap terjaga baik.
7. Jangan terlalu tergantung dengan acara TV atau berlama-lama bekerja di depan komputer. Para ahli menyebutkan bahwa otak dapat “salah membaca” cahaya dari TV dan komputer sebagai cahaya di siang hari yang malah mengganggu kenyamanan tidur Anda di malam hari. Jadi kalau siang sudah banyak bekerja di depan komputer, sebaiknya malam hari benar-benar digunakan untuk istirahat dan matikan lampu saat Anda berangkat tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar