Minggu, 05 Juni 2011

Dasar pemberian ASI

Menyusui adalah proses yang alami, tapi dapat menjadi sesuatu yang menyulitkan bagi wanita. Beberapa strategi ini dapat membantu Anda.

Ø Jangan ditunda untuk beberapa wanita keluarnya ASI dapat terjadi dengan mudah setelah melahirkan, ada yang ASI nya keluar satu jam setelah melahirkan. Jangan takut untuk meminta bantuan, kebanyakan rumah sakit memiliki staf konsultan laktasi.

Ø Menyusui sesuai permintaan bayi selama enam minggu pertama, penting untuk Anda mengikuti proses menyusui sesuai keinginan bayi Anda. Cobalah untuk mengikuti jadwal menyusui untuk memudahkan produksi ASI Anda. Jangan khawatir tentang persediaan ASI, lebih banyak Anda menyusui, lebih banyak pula ASI yang dihasilkan.

Ø Belajar menyusui dengan benar. Bayi Anda perlu menyusui dalam-dalam untuk mendapatkan ASI yang cukup dan menjaga putting Anda dari rasa sakit. Sebelum Anda menyusui bayi, posisikan satu sisi perutnya benar-benar mengenai Anda. Kemudian menggelitik mulutnya dengan putting susu Anda untuk mendorongnya membuka lebar, pastikan ia mengambil seluruh putting dan sebagian yang baik dari aerola Anda dalam mulutnya.

Ø Ciptakan tempat menyusui yang nyaman. Meskipun kursi tidak penting, seorang glider, rocker menyukai bangku atau alas kaki yang sangat membantu. Setiap kali Anda menyusui, letakkan bantal (untuk dukungan kembali dan membantu posisi bayi pada payudara Anda dengan benar), air, camilan, buku bagus, dan remote TV.

Ø Konsumsi nutrisi baik untuk ASI Anda. Setidaknya minum delapan gelas cairan sehari. Tergantung pada umur, metabolisme, tingkat aktivitas, dan kebutuhan kalori Anda kemungkinan besar 2.200-2.400 sehari-hari. Kabar baik: ibu menyusui cenderung kehilangan 1-4 pon bahkan ditambah dengan kalori.

Kebenaran susu formula.
Beberapa wanita tidak dapat memberikan ASI; mereka membutuhkan bantuan suplemen dari susu formula. Simak hal-hal yang harus Anda ketahui:
Susu formula komersial umumnya sama. Badan makanan dan obat Amerika memastikan susu formula aman dikonsumsi dan mengandung zat gizi yang paling penting. Tanyakan kepada dokter anak, jika ia merekomendasikan susu formula dengan penambahan zat besi, DHA, atau nutrisi lainnya. Pilihlah susu dalam bentuk bubuk, cair atau berkonsentrasi terutama bermuara pada masalah biaya dan kenyamanan bayi.
Diskusikan pilihan dengan dokter anak. Itu termasuk susu, kacang kedelai, dan formula hipoalergi. Ketakutan orang tua pada reaksi alergi membuat mereka enggan memberikan susu formula berbasis merek, tetappi hanya 3%-4% bayi yang benar-benar alergi susu. Anehnya, susu formula kedelai tidak mungkin menjadi alternatif yang baik untuk bayi dengan alergi susu karena bayi juga dapat alergi terhadap protein kedelai. Namun susu formula berbahan kedelai merupakan pilihan yang baik bagi orangtua yang tidak ingin bayi mereka mengonsumsi produk hewan. Formula hypoalergi memecah protein susu sehingga lebih udah dicerna.

Menjaga tetap aman.
v Jaga kondisi hangat susu formula di panic air hangat atau pemanas botol: penggunaan microwave dapat membahayakan.
v Gunakan temperatur susu formula selama 2-4 jam, setelah itu jangan gunakan.
v Gunakan susu formula yang didinginkan tidak lebih dari 48 jam.
v Jangan dinginkan susu formula karena akan mengurangi nilai kandungan nutrisi.
v Jangan menyimpan susu formula dalam botol. Bakteri dari air liur dapat terkontaminasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar