Selasa, 26 April 2011

Bayi Berguling

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bayi belajar berguling. Lebih lama daripada hal yang telah dilakukan di masa lalu. “Kami biasa mengharapkan pada bayi untuk mulai berguling pada usia empat bulan,” ungkap Ari Brown, M.D, seorang dokter anak di Austin, Texas, dan pengarang dari Baby 411, Third edition: Clear Answer & Smart Advice for Your Baby’s First Year (Windsor Peak Press). “Namun sekarang ini bayi tidur dengan posisi terlentang untuk memantau agar terhindar SIDS (Sindrom bayi meninggal mendadak), kemungkinan tidak akan terjadi hingga sekitar usia 6 bulan.” Ari menjelaskan dengan kurangnya waktu latihan perut mereka, para bayi tidaklah mempunyai kesempatan untuk berlatih mendorong ke atas lengan mereka, san mengangkat kepala mereka, kemampuan motor akan menjadi kekuatan yang diperlukan untuk berguling.
“Bayi juga membutuhkan tubuh yang stabil, leher yang kuat dan kemampuan untuk mengontrol bagian bahu. Kian banyak waktu untuk latihan perut bayi, mereka akan mampu bekerja pada kemampuan bergerak dan membentuk otot-otot yang diperlukan untuk berguling, dan akan lebih cepat dia akan memenuhi tugas ini,” jelasnya lagi.
Bagian perut hingga punggung merupakan cara pertama bagi para bayi untuk berguling, lalu diikuti oleh bagian punggung ke perut, menurut Ari. Walaupun begitu, beberapa bayi melewati berguling bersamaan dan langsung dapat duduk dan merangkak. “Umumnya, mereka seharusnya mampu berguling dahulu atau duduk ketika memasuki usia enam bulan,” jelas Ari. “Jika bayi Anda belum melakukan hal-hal seperti ini, ini merupakan tanda bahaya, segera kunjungi dokter Anda.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar