Jumat, 21 Januari 2011

PAKAIAN BAYI BERBAHAN ORGANIK

Kain yang paling dekat dengan bayi Anda, pakaian dan selimut, harus bebas bahan kimia karena digunakan dalam waktu yang lama.
Pakaian saat kelahiran baru seperti mempraktekkan seni rupa: mendapatkan kaki kecilnya menendang, meliuk menyusuri lengan panjang, sambil memasukkan kepalanya melalui leher. Hanya tantangan baru yang muncul setelah Anda melalui ini, yaitu menguasai seni penghapusan noda. Tidak masalah jika Anda memiliki kemampuan yang baik, Anda hanya perlu memastikan kelembutan kain yang menyentuh bayi Anda. Simak tips berikut ini:

1. Kebenaran tentang bahan.
Banyak orangtua baru berasumsi bahwa katun adalah kain terbaik untuk pakaian dan selimut bayi karena mengandung serat alami, tapi tumbuhan kapas konvensional menggunakan pestisida paling banyak, tanaman intensif di AS. Setelah kapas digiling menjadi kain, diketahui sup kimia menyebabkan efek berbahaya bagi kesehatan manusia, jika digunakan untuk pewarna dan penyelesaiannya secara rutin. Termasuk bahan kimia formaldehida (terbukti menyebabkan kanker pada uji hewan) dan urea resin formaldehida digunakan untuk meningkatkan noda dan melawan kerut dan untuk desinfektan.
Sebagian besar bahan kimia ini mengandung senyawa atsiri yang dapat menyebabkan reaksi hipersensitif dan alergi, serta diduga mengandung karsinogen. Sementara itu, kliping kain dari pabrik sarat dengan bahan kimia, seperti limbah beracun dan produk yang dibuat dari bahan-bahan yang dianggap aman untuk dibawa ke rumah kita.
Sekarang tarik napas dalam-dalam dan rileks; bayi Anda dalam kondisi baik. Residu pada pakaian bayi dan selimut menimbulkan dermatitis bagi orang berkulit sensitive. Namun, belum ada penelitian yang menunjukkan dampak kesehatan jangka panjang yang mungkin timbul dari kelembutan, penggunaan bahan kimia secara konstan pada pakaian dan selimut. Namun begitu, sikap waspada tetap perlu dilakukan.

2. Pilih bahan yang aman.

2.1.Bahan organik.
Mungkin pilihan yang paling jelas adalah katun organic, yang tumbuh tanpa menggunakan peptisida. Tidak hanya menggunakan pakaian dan peralatan tempat tidur yang tumbuh secara organic, tetapi pilih yang tidak menggunakan obat (tumbuh dengan sendirinya di alam, proses beracun; periksa label), seperti bawah nila (underthenile.com). Anda juga dapat mencari bahan organic, bahan wol yang tidak tumbuh dengan obat, yang secara alami tahan api dan pilihan yang baik untuk pakaian tidur dan selimut (try wulusa.com).
2.2.Bambu.
Kain lain yang mengalami peningkatan popularitas adalah berbahan dasar bambu. Kainnya begitu lembut alami dan berkilau mirip kain sutera atau kasmir. Bambu benar-benar biodegradeable dan dapat tumbuh tanpa peptisida atau bahan kimia, namun juga cepat tumbuh dan mudah diperbarui. Cari kain yang disertifikasi oleh Oeko-Tex, lembaga yang menjamin bebas bahan kimia.
2.3.Rami.
Serat alami ini tahan hama, sehingga tumbuh memerlukan sedikit, jika ada, peptisida digunakan pada katun konvensional. Namun, tidak ada proses sertifikasi, sehingga Anda tidak dapat memastikan apakah rami itu sebenarnya tumbuh bebas peptisida.
2.4.Pilihan lain.
Pilihan lain termasuk linen, kedelai, inego (berbahan dasar jagung) bahkan plastik daur ulang.

Jika Anda tidak menggunakan organic.
Cuci pakaian dan linen bayi dengan sabun cuci bebas racun, seperti deterjen Seventh Generation Baby Laundry atau metode deterjen bayi HE. Beli pula pelembut pakaian yang digunakan setelah mencuci, biasanya cukup untuk meghilangkan residu bahan kimia, sehingga Anda tidak membutuhkan toko pakaian bekas. Selain penghematan uang, Anda melindungi bayi Anda dengan selimut katun organic yang dapat digunakan selama setahun, seperti selimut berbahan wool 100%.

Kabar baiknya:
Selain menjadi lebih baik bagi bayi Anda dan planet ini, kain organic ini dapat bertahan lebih lama. Tetapi, bayi tumbuh lebih cepat dari pakaian, jadi apa manfaat dari pakaian tahan lama? Ternyata masih banyak manfaatnya. Misalnya menyimpan pakaian tersebut untuk saudara kandung, dijual pada teman atau keluarga, menjual secara online. Pakaian organic ini indah dan berkualitas tinggi, agar bayi Anda lebih sehat dan juga untuk kebaikan lingkungan planet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar